- Penelitian Psikologi & Internet
Publikasi adalah suatu
proses/ kegiatan yang disertai tindakan menawarkan, mengajak dan memberitahukan
produk yang mereka tawarkan, dengan maksud produk yang mereka tawarkan dapat
dikenal, diketahui dan dibeli oleh khalayak ramai” (dalam Agoeng Widyatmoko,
Peluang usaha untuk anak muda).
Internet dapat
diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Internet adalah
metode untuk menghubungkan berbagai komputer kedalam satu jaringan komputer
global, melalui protokol TCP/IP (Transmition Control Protocol/ Internet
Protocol). Sedangkan protocal adalah suatu petunjuk yang menunjukan pekerjaan
yang akan user lakukan dengan internet, apakah akan mengakses website,
melakukan trasfer file, mengirim e-mail dan sebagainya. Protocol bisa
dibayangkan seperti suatu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi berbagai
jenis komputer maupun sistem operasi yang terhubung dengan internet.
Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan internet
sudah menyebar luas, dan hampir seluruh masyarakat sudah menggunakan teknologi
ini. Bahkan produsen komputer berlomba-lomba menciptakan teknologi komputer
yang mendukung internet lebih canggih untuk mengetahui kebutuhan yang semakin
bertambah. Pada jaman dahulu informasi yang didapat hanya melalui media cetak
seperti koran atau buku serta media elektronik seperti radio dan televisi.
Media-media ini berkembang terus seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap
informasi.
Namun media-media ini banyak kekurangannya karena
hanya memberikan informasi yang sudah ada atau sudah usang (bayangkan berita
hati ini didapatkan keesokan harinya dengan surat kabar), juga
informasi ini hanya sekali maksudnya tidak dapat diulang lagi. Dengan internet,
informasi yang didapat tidak terbatas waktu, terbuka sehari semalam dan
dapat mencari atau memilih informasi yang dibutuhkan. Memang ada sisi buruk
dari internet itu sendiri yang merupakan sarana atau media global untuk
mencurahkan segala apa yang ada didunia baik dalam bentuk kejahatan atau
kebaikan.
Publikasi dapat di lakukan dengan mempergunakan
berbagai media massa seperti website, pers, film, radio, televisi, majalah,
pamflet, buku dan lain sebagainya.
Internet merupakan media promosi pemasaran yang cukup efektif, dengan memiliki
website anda dapat mempublikaskan produk atau layanan anda tanpa batas tempat
dan waktu.
Walaupun demikian, tidak berarti dengan kepemilikan website
promosi lalu media cetak dihentikan, karena tentu tidak semua
masyarakat memiliki akses internet. Dan juga website yang telah dimiliki
perusahaan harus dipromosikan agar diketahui masyarakat atau pasar yang dituju.
Berikut ini adalah beberapa saran
untuk mempromosikan website :
1. Tulis
alamat website perusahaan kita di semua surat menyurat dan segala bentuk
identitas organisasi kita, misalnya kop surat, kaos, spanduk, pamplet, brosur,
vcd company profile, papan nama dan kartu nama karyawan yang bekerja di
perusahaan kita.
2.
Mendaftarkan website di Search Engine terkemuka, dengan mendaftarkan di search
engine, maka website kita akan mudah ditemukan ketika seseorang mengetik kata
kunci yang berkaitan dengan perusahaan anda di website search engine
3. Buat
kerjasama pertukaran web link dengan website lain.
4.
Promosikan website anda secara personal ke sebanyak mungkin email, data email
dapat diambil dari bukutamu website lain, dari mailing list, forum, dan lain
sebagainya. Pekerjaan ini membutuhkan karyawan khusus atau dilimpahkan ke web
admin.
- Etika dalam Penelitian dengan Bantuan Internet
Secara garis besar, penelitian
percobaan (eksperimen) terbagi menjadi penelitian laboratorium (laboratory
experiment) dan penelitian lapangan (field
experiment). Masing-masing penelitian tersebut memliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
1.
Penelitian
laboratium
Penelitian laboratorium merupakan
penelitian yang dilakukan dalam ruangan tertutup, dimana
kelompok eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat memengaruhi
hasil dari pengujian hubungan sebab akibat.
§
Kelebihan penelitian ini adalah hasil dari penelitian
ini lebih dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya karena
hanya memfokuskan pada pengujian hubungan sebab dan akibat.
§
Kelemahan penelitian laboratorium adalah penelitian
ini belum tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Penelitian lapangan
Penelitian lapangan merupakan
penelitian yang dilakukan dalam ruangan terbuka, dimana
kelompok eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
§
Kelebihan penelitian lapangan adalah hasil penelitian
ini dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
§
Kelemahan penelitian lapangan adalah tingkat kepastian
hubungan sebab akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena
sulitnya untuk mengontrol variabel-variabel pengganggu.
Dalam melakukan sebuah
penelitian percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan
yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak asasi subjek
penelitian. Berikut adalah etika penelitian percobaan:
§
Kebebasan bagi publik untuk
mengakses hasil penelitian.
§
Menjaga kerahasiaan (privacy)
subjek penelitian.
§
Mengirimkan hasil penelitian kepada subjek.
§
Memberikan hal subjek dan
meminta persetujuan terlebih
dahulu untuk kesediaan menjadi
subjek penelitian, dengan memberitahukan konsekuensi yang
muncul dalam penelitian.
§
Memberitahukan secara jujur dan jelas kepada
subjek tentang prosedur penelitian yang telah
dilakukan. Hal ini dilakukan setelah penelitian percobaan (eksperimen) selesai
dilakukan.
§
Memberikan terapi atau bantuan pemulihan kepada
subjek yang mengalami akibat negatif, baik secara fisik atau psikis dari
penelitian, sampai kembali sehat seperti semula.
§
Penelitian yang melibatkan binatang harus memperhatikan akibat negatif yang mungkin
dialami binatang, seperti indera melemah, menyendiri, serta
memar atau luka fisik.
·
Ulasan dari Jurnal Penelitian Psikologi
mengenai internet
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sebuah jurnal mengenai
“Pentingnya Media Dalam Pembelajaran”. Proses belajar
mengajar sangat penting karena dari proses tersebut kita akan mengetahui adanya
perbedaan. Perbedaan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan yang bersifat
pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif). Faktor yang
mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik serta
media pembelajaran.
Namun kenyataannya, apa yang terjadi dalam proses pembelajaran seringkali terjadi proses
pengajaran berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga dan
biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai
bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar.
Dengan adanya media pembelajaran,
guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode
pengajaran yang
akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara
peserta didik. Bahkan alat/media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu
guru membawa dunia luar ke dalam kelas.
Dengan demikian ide yang abstrak dan asing (remote)
sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat
di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka proses
pembelajaran akan dapat berjalan efektif.
Dalam pembelajaran,
media pendidikan sangat diperlukan.
Karena media
pembelajaran memiliki peranan yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang
diinginkan.
Kita ambil contoh saja media internet,internet merupakan media pembelajaran
yang sangat penting. Walaupun sudah
mendapatkan pembelajaran dari sekolah, kampus maupun dari manapun namun
internet tetap di butuhkan, bias di katakana internet adalah sebuah mediator. Tidak semua manusia
tipe visual,yang hanya membaca saja dia cukup mengerti.tapi ada yang memiliki
tipe auditori,mereka baru bisa belajar dengan memdengarkan.Dan mungkin
perbedaan itu akan berdampak pada psikologisnya.Lalu itu semua balik lagi ke manusia itu sendiri.dia lebih nyaman atau lebih mengerti, belajar melalui proses yang di inginkannya.
·
Bermain game online selama 3 hari kemudian menuliskan
manfaat positif dan negative
Saya memilih game Angry Bird untuk di mainkan selama 3 hari ke depan dan inilah dampak yang saya rasakan :
Dampak Negative
1.
Tidak Kenal Waktu / Lupa
Waktu. Selama 3 hari berturut-turut mencoba
bermain game online ternyata membuat saya bisa lupa segala-galanya termasuk
lupa waktu.
2.
Pemborosan. Bermain game online sudah tidak asing lagi buat
kalangan remaja sekarang. Jika masih meminta kepada
orangtua misal 1 jam = 5000 rupiah main game online sekitar 2 – 4 jam, 5000 x 4 jam = 20rbu. Bayangkan saja harus mengeluarkan
berapa rupiah untuk sebulannya? Yah syukur kalau kita sudah mendapatkan hasil
gaji sendiri. Namun kalau masih meminta kepada orang tua, seharusnya lebih malu
karena orang tua bersusah payah kerja untuk menyekolahkan anaknya yang sebagai
penerus bangsa yang akan datang, jadi jangan di biasakan setiap hari untuk
bermain game online.
3.
Lupa Kewajiban. Kebanyakan
dari pemain game online ini masih kisaran anak – anak sampai remaja (pelajar), (walaupun
ada juga orang dewasa – orang tua juga yg memainkan game online ini). Kewajiban
seorang pelajar yaitu belajar. Dengan keseringan bermain game online, dampak buruknya yaitu waktu belajar
semakin berkurang. Selain itu kita juga mempunyai kewajiban terhadap Agama, yang muslim wajib menjalankan sholat 5 waktu namun
terkadang kalau sudah berada di depan komputer
untuk bermain game online suka melupahan kewajiban untuk menjalankan sholat. Dan kewajiban lainnya yang patutnya di
laksanakan sebagaimana mestinya.
Dampak Positive
1. Hiburan. Dengan memanfaatkan game online bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita
lalui.
2.
Bisa untuk melatih
konsentrasi (misalnya dalam game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari).
Tentunya game yang baik lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar