Selasa, 13 November 2012

Final SoftSkill Psikologi & Teknologi

Diposting oleh ElisaPutri di 17.01

  •  Penelitian Psikologi & Internet


Publikasi adalah suatu proses/ kegiatan yang disertai tindakan menawarkan, mengajak dan memberitahukan produk yang mereka tawarkan, dengan maksud produk yang mereka tawarkan dapat dikenal, diketahui dan dibeli oleh khalayak ramai” (dalam Agoeng Widyatmoko, Peluang usaha untuk anak muda).
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Internet adalah metode untuk menghubungkan berbagai komputer kedalam satu jaringan komputer global, melalui protokol TCP/IP (Transmition Control Protocol/ Internet Protocol). Sedangkan protocal adalah suatu petunjuk yang menunjukan pekerjaan yang akan user lakukan dengan internet, apakah akan mengakses website, melakukan trasfer file, mengirim e-mail dan sebagainya. Protocol bisa dibayangkan seperti suatu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi berbagai jenis komputer maupun sistem operasi yang terhubung dengan internet.
Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan internet sudah menyebar luas, dan hampir seluruh masyarakat sudah menggunakan teknologi ini. Bahkan produsen komputer berlomba-lomba menciptakan teknologi komputer yang mendukung internet lebih canggih untuk mengetahui kebutuhan yang semakin bertambah. Pada jaman dahulu informasi yang didapat hanya melalui media cetak seperti koran atau buku serta media elektronik seperti radio dan televisi. Media-media ini berkembang terus seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap informasi.
Namun media-media ini banyak kekurangannya karena hanya memberikan informasi yang sudah ada atau sudah usang (bayangkan berita hati ini didapatkan keesokan harinya dengan surat kabar), juga informasi ini hanya sekali maksudnya tidak dapat diulang lagi. Dengan internet, informasi yang didapat tidak terbatas waktu, terbuka sehari semalam dan dapat mencari atau memilih informasi yang dibutuhkan. Memang ada sisi buruk dari internet itu sendiri yang merupakan sarana atau media global untuk mencurahkan segala apa yang ada didunia baik dalam bentuk kejahatan atau kebaikan.
Publikasi dapat di lakukan dengan mempergunakan berbagai media massa seperti website, pers, film, radio, televisi, majalah, pamflet, buku dan lain sebagainya.
Internet merupakan media promosi pemasaran yang cukup efektif, dengan memiliki website anda dapat mempublikaskan produk atau layanan anda tanpa batas tempat dan waktu.
Walaupun demikian, tidak berarti dengan kepemilikan website promosi  lalu media cetak dihentikan,  karena tentu tidak semua masyarakat memiliki akses internet. Dan juga website yang telah dimiliki perusahaan harus dipromosikan agar diketahui masyarakat atau pasar yang dituju.
Berikut ini adalah beberapa saran untuk mempromosikan website :
1. Tulis alamat website perusahaan kita di semua surat menyurat dan segala bentuk identitas organisasi kita, misalnya kop surat, kaos, spanduk, pamplet, brosur, vcd company profile, papan nama dan kartu nama karyawan yang bekerja di perusahaan kita.
2. Mendaftarkan website di Search Engine terkemuka, dengan mendaftarkan di search engine, maka website kita akan mudah ditemukan ketika seseorang mengetik kata kunci yang berkaitan dengan perusahaan anda di website search engine
3. Buat kerjasama pertukaran web link dengan website lain.
4. Promosikan website anda secara personal ke sebanyak mungkin email, data email dapat diambil dari bukutamu website lain, dari mailing list, forum, dan lain sebagainya. Pekerjaan ini membutuhkan karyawan khusus atau dilimpahkan ke web admin.
  • Etika dalam Penelitian dengan Bantuan Internet

Secara garis besar, penelitian percobaan (eksperimen) terbagi menjadi penelitian laboratorium (laboratory experiment) dan penelitian lapangan (field experiment). Masing-masing penelitian tersebut memliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
1.      Penelitian laboratium
Penelitian laboratorium merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan tertutup, dimana kelompok eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat memengaruhi hasil dari pengujian hubungan sebab akibat.
§  Kelebihan penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini lebih dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya karena hanya memfokuskan pada pengujian hubungan sebab dan akibat.
§  Kelemahan penelitian laboratorium adalah penelitian ini belum tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Penelitian lapangan
Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan terbuka, dimana kelompok eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
§  Kelebihan penelitian lapangan adalah hasil penelitian ini dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
§  Kelemahan penelitian lapangan adalah tingkat kepastian hubungan sebab akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena sulitnya untuk mengontrol variabel-variabel pengganggu.

Dalam melakukan sebuah penelitian percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak asasi subjek penelitian. Berikut adalah etika penelitian percobaan:
§  Kebebasan bagi publik untuk mengakses hasil penelitian.
§  Menjaga kerahasiaan (privacy) subjek penelitian.
§  Mengirimkan hasil penelitian kepada subjek.
§  Memberikan hal subjek dan meminta persetujuan terlebih dahulu untuk kesediaan menjadi subjek penelitian, dengan memberitahukan konsekuensi yang muncul dalam penelitian.
§  Memberitahukan secara jujur dan jelas kepada subjek tentang prosedur penelitian yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan setelah penelitian percobaan (eksperimen) selesai dilakukan.
§  Memberikan terapi atau bantuan pemulihan kepada subjek yang mengalami akibat negatif, baik secara fisik atau psikis dari penelitian, sampai kembali sehat seperti semula.
§  Penelitian yang melibatkan binatang harus memperhatikan akibat negatif yang mungkin dialami binatang, seperti indera melemah, menyendiri, serta memar atau luka fisik.
·         Ulasan dari Jurnal Penelitian Psikologi mengenai internet
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sebuah jurnal mengenai “Pentingnya Media Dalam Pembelajaran”. Proses belajar mengajar sangat penting karena dari proses tersebut kita akan mengetahui adanya perbedaan. Perbedaan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif). Faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik serta media pembelajaran.
Namun kenyataannya, apa yang terjadi dalam proses pembelajaran seringkali terjadi proses pengajaran berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar.
Dengan adanya media pembelajaran, guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta didik. Bahkan alat/media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu guru membawa dunia luar ke dalam kelas.
Dengan demikian ide yang abstrak dan asing (remote) sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.
Dalam pembelajaran, media pendidikan sangat diperlukan. Karena media pembelajaran memiliki peranan yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan.
Kita ambil contoh saja media internet,internet merupakan media pembelajaran yang sangat penting. Walaupun sudah mendapatkan pembelajaran dari sekolah, kampus maupun dari manapun namun internet tetap di butuhkan, bias di katakana internet adalah sebuah mediator. Tidak semua manusia tipe visual,yang hanya membaca saja dia cukup mengerti.tapi ada yang memiliki tipe auditori,mereka baru bisa belajar dengan memdengarkan.Dan mungkin perbedaan itu akan berdampak pada psikologisnya.Lalu itu semua balik lagi ke manusia itu sendiri.dia lebih nyaman atau lebih mengerti, belajar melalui proses yang di inginkannya.

·        Bermain game online selama 3 hari kemudian menuliskan manfaat positif dan negative

Saya memilih game Angry Bird untuk di mainkan selama 3 hari ke depan dan inilah dampak yang saya rasakan :

Dampak Negative
1.      Tidak Kenal Waktu / Lupa Waktu. Selama 3 hari berturut-turut mencoba bermain game online ternyata membuat saya bisa lupa segala-galanya termasuk lupa waktu.  
2.      Pemborosan. Bermain game online sudah tidak asing lagi buat kalangan remaja sekarang. Jika masih meminta kepada orangtua misal 1 jam = 5000 rupiah main game online sekitar 2 – 4  jam, 5000 x 4 jam = 20rbu.  Bayangkan saja harus mengeluarkan berapa rupiah untuk sebulannya? Yah syukur kalau kita sudah mendapatkan hasil gaji sendiri. Namun kalau masih meminta kepada orang tua, seharusnya lebih malu karena orang tua bersusah payah kerja untuk menyekolahkan anaknya yang sebagai penerus bangsa yang akan datang, jadi jangan di biasakan setiap hari untuk bermain game online.
3.      Lupa Kewajiban. Kebanyakan dari pemain game online ini masih kisaran anak – anak sampai remaja (pelajar), (walaupun ada juga orang dewasa – orang tua juga yg memainkan game online ini). Kewajiban seorang pelajar yaitu belajar. Dengan keseringan bermain game online, dampak buruknya yaitu waktu belajar semakin berkurang. Selain itu kita juga mempunyai kewajiban terhadap Agama, yang muslim wajib menjalankan sholat 5 waktu namun terkadang  kalau sudah berada di depan komputer untuk bermain game online suka melupahan kewajiban untuk menjalankan sholat.  Dan kewajiban lainnya yang patutnya di laksanakan sebagaimana mestinya.

Dampak Positive
1.     Hiburan. Dengan memanfaatkan game online bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita lalui.
2.      Bisa untuk melatih konsentrasi (misalnya dalam game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari). Tentunya game yang baik lainnya.

sumber : survivalis
              desain
              wikipedia
              pembelajaran





0 komentar:

Posting Komentar

 

Putry's World Copyright © 2011 Designed by Elisa Putri Kurniasih